search-icon
Articles
Pembahasan Tema Tahunan 2020-2021
share

        GPIB Jemaat Marga Mulya Yogyakarta menyelenggarakan Kegiatan Pembahasan Tema Tahunan GPIB Tahun 2020-2021 dalam rangka Penyusunan Program Kerja dan Anggaran Tahun 2020-2021 pada Kamis, 30 Januari 2020 di gedung Gereja Marga Mulya Yogyakarta.  Kegiatan ini diikuti oleh seluruh unit-unit misioner, Majelis, PHMJ dan jemaat.  Pembahasan tema dipandu oleh Pdt. Dr. JMN Hehanussa yang sering disapa dengan Pendeta Oce adalah dosen Fakultas Teologi UKDW Yogyakarta.

Tema Tahunan Program Kerja dan Anggaran 2020-2021 di lingkungan GPIB adalah "Menguatkan Tatanan Bergereja agar Mendatangkan Berkat Masa Depan bagi Umat dan Masyarakat" dengan bidang prioritas adalah PEG.  Kitab suci yang mendasari tema tahunan 2020-2021 dari Kitab Ibrani 11:8-10, Pendeta Oce menguraikan tema secara runtun kepada peserta pembahasan.  Berdasarkan tema tersebut, Pendeta Oce mengajak peserta agar dalam menyusun program kerja harus melihat beberapa hal : pertama, program yang dibuat harus mampu memberikan penguatan pada tatanan bergereja, kedua, program yang dibuat bertujuan mendatangkan berkat bagi umat dan masyarakat dan ketiga, program harus tepat sasaran pada umat dan masyarakat.

Bidang prioritas PEG tidak boleh selalu dimengerti hanya sebagai uang dan materi, kata pendeta Oce.  Walaupun uang dan materi dibutuhkan tetapi bukan yang utama dalam menguatkan tatanan bergereja.  Pendeta Oce mengajak peserta untuk bagaimana menggerakan umat sebagai sumber utama PEG agar kalau tidak ada uang atau materi program tetap dapat dilaksanakan.  Umat harus mengembangkan potensi dan talenta yang dipunyai untukmenghadirkan berkat.-. (Materi Pembahasan Tema dapat dibaca pada menu Warta_Umum web ini)